Rabu, 08 Desember 2010

10 kapal berhantu

10 Kapal Berhantu

1. The Flying Dutchman

Sebuah legenda, gak ada hantu kapal yang lebih terkenal daripada Flying Dutchman, yang udah mengilhami banyak lukisan, cerita horor, film, dan bahkan sebuah opera. Kapal itu pertama
kali disebutkan pada akhir 1700-an di George buku pelaut Barrington’s Voyage ke Botany Bay, dan sejak itu legendanya terus tumbuh, berkat berbagai penampakan nelayan dan pelaut.  Awalnya, Flying Dutchman adalah kapal yang berlabuh dari Amsterdam. Dikapteni seorang pria bernama Van der Decken. Kapal itu menuju Hindia Timur ketika menghadapi cuaca berbahaya di dekat Cape of Good Hope. Bertekad untuk melewatinya, Van der Decken menjadi gila, membunuh pasangan pertama, dan bersumpah bahwa ia bakal melintasi Cape. Walaupun melakukan berbagai usaha, akhirnya kapal tenggelam. Menurut legenda, Van der Decken dan kapal hantunya dikutuk untuk berlayar selama-la
manya. Sampai hari ini, banyak nelayan dan pelaut mengklaim telah melihatnya menyeberangi lautan.
2. Mary Celeste
Legenda tentang kapal yang ditemukan terapung-apung di Samudera Atlantik tahun 1872. Masih dalam kondisi layak laut dan seperti gak pernah tersentuh. Tapi yang jadi misteri, hilangnya kapten dan awak-awaknya yang gak terjelaskan sampe saat ini.

3. Lady Lovibond

13 Februari 1748, kapten kapal ini baru aja menikah diatas kapal pesiarnya. Hanya karena cemburu, akhirnya pesta jadi membawa petaka. Kapal tenggelam dengan semua penumpang didalamnya. Anehnya, kapal ini muncul ke permukaan tahun 1798. Dan kejadian itu terus berulang setiap 50 tahun.
4. The Joyita

Kapal ini bersama dengan 25 penumpang dan awaknya dalam perjalanan ke Kepulauan Tokelau ketika sesuatu terjadi tahun 1955. Semua usaha penyelamatan dilakukan, tapi tiba-tiba semua penumpangnya menghilang. Hanya tas dokter dan beberapa perban berdarah aja yang ditemukan.
5. The Octavius

1775, kapal ditemukan mengambang di lepas pantai Greenland. Semua kru membeku karena dinginnya arktik. Yang aneh, kapten kapal sedang duduk di mejanya menyelesaikan jurna
l tahun 1762, yang berarti kapal tersebut mengapung selama 13 tahun.
6. The Baychimo

Kapal kargo yang ditinggalkan mengapung dekat laut Alaska selama hampir 40 tahun, sejak 1931. Menghilang, muncul lagi, menghilang lagi, lalu muncul lagi ke permukaan 80 tahun kemudi
an.
7. Carroll A. Deering


Lagi-lagi legenda kapal di tahun 1921 dengan kondisi layak melaut, tapi gak ada satupun awak ditemukan didalamnya.
8. The Ourang Medan


1947 ketika 2 kapal Amerika menerima panggilan darurat saat menavigasi Selat Malaka, lepas pantai Malaysia. Si penelepon adalah awak Ourang Medan, sebuah kapal Belanda mengatakan bahwa kapten dan awak kapal mati atau sekarat. Pesan menjadi campur aduk dan aneh lalu melemah dan berakhir dengan kata-kata “aku mati”. Kapal Amerika segera menuju tempat kejadian tapi semua awak bahkan anjing  sudah mati, tubuh dan wajah mereka dalam ekspresi ketakutan. Sebelum para penyelamat menyelidiki lebih lanjut, kapal sudah terbakar dan tenggelam.
9. SS Valencia

Tentang kapal yang tenggelam di lepas pantai Vancouver, British Columbia pada tahun 1906. Kapal itu mengalami cuaca buruk di dekat Cape Mendocino, dan hanyut. Hanya 37 dari sekitar 180 orang di kapal yang selamat. Lima bulan kemudian, seorang nelayan mengklaim menemukan rakit dengan 8 kerangka di dalam sebuah gua. Pencarian diluncurkan, tapi gak menemukan apa pun. Yang aneh, 27 tahun setelah tenggelamnya Valencia, salah satu rakit ditemukan mengambang dekat Barkley Sound. ‘Hantu rakit’ itu berada dalam kondisi luar biasa baik, dan bahkan masih memiliki sebagian besar lapisan cat asli.
10. The Caleuche

Sebuah kapal hantu yang muncul tiap malam dekat pulau Chiloe. Menurut legenda setempat, kapal Caleuche berwarna menyolok indah dan cerah, dan selalu disertai suara musik dan orang-orang tertawa. Setelah muncul beberapa saat, kapal itu kemudian menenggelamkan diri di bawah air. Menurut Chilota mitologi, roh-roh yang tenggelam mirip dengan putri duyung, dikatakan dapat melanjutkan kehidupan mereka seperti sebelum mereka mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar